Minggu, 22 September 2013

kedudukan anak astre dalam hindu


PENDAHULUAN
        Pulau lombok yang elok dan indah menyimpan beraneka ragam kesenian dan kebudayaan dari berbagai etnis yang tinggal disana,sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia tidak hanya menyediakan keindahan alam saja namun juga keindahan kebudayaan yang beraneka ragam.Dari jaman dulu budaya lombok khususnya dilombok barat yang mana daearah ini banyak terdapat masyarakat bali yang notabene beragama hindu mempunyai kebudayaan yang mirip dengan daearh asalnya,Budaya tersebut sangat kental dan masih bisa dilihat sampai sekarang.Masuknya budaya-budaya bali kelombok dibawa oleh oarang-orang bali yang dulunya datang kepulau lombok pada jaman kerajaan anak agung karang asem dulu.Budaya bali tersebut banyak mempengaruhi budaya lokal yang mana budaya lokal tersebut beralkuturasi menjadi suatu kebudayaan baru
        Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya tersebut terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni,Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari serta bisa dipadukan dengan budaya setempat.
        Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling baik untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.
Masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya dapat terjadi dengan dua cara:
1.Cara damai
        Masuknya sebuah kebudayaan dengan jalan damai. Misalnya, masuknya pengaruh kebudayaan Hindu ke pulau Lombok.Penerimaan kebudayaan tersebut tidak mengakibatkan konflik, tetapi memperkaya khasanah budaya masyarakat setempat. Pengaruh kebudayaan ini pun tidak mengakibatkan hilangnya unsur-unsur asli dari budaya masyarakat setempart.
Penyebaran kebudayaan secara damai akan menghasilkan Akulturasi, Asimilasi, atau Sintesis.
A.Akulturasi adalah bersatunya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli.
Contohnya, bentuk pakaian orang sasak yang merupakan perpaduan antara kebudayaan asli Sasak dan kebudayaan Bali.
B. Asimilasi adalah bercampurnya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru. C. Sintesis adalah bercampurnya dua kebudayaan yang berakibat pada terbentuknya sebuah kebudayaan baru yang sangat berbeda dengan kebudayaan asli.
2.Cara kekerasa.
        Masuknya sebuah kebudayaan dengan cara memaksa dan merusak kebudayaan.      Contohnya, masuknya kebudayaan Barat ke Lombok pada zaman penjajahan disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang merusak keseimbangan dalam masyarakat.Budaya dunia barat antara lain adalah budaya dari Belanda yang menjajah selama 350 tahun lamanya. Budaya warisan Belanda masih melekat di Indonesia pada umumnya dan Lombok pada khususnya antara lain pada sistem pemerintahan Indonesia.
        Sebuah kebudayaan kadang-kadang dapat membuat sebagian orang terasa tersisih dikarenakan suatu kebudayaan yang melekat disuatu kelompok masyarakat setempat yang mana kebudayaan tersebut telah menjadi adat istiadat yang sangat kaku dan mengikat masyarakt tersebut dengan peraturan-peraturannya,Kadang-kadang budaya tersebut dianggap sebagai hukuman atas suatu perbuatan yang dilakukan oleh masyarakat,kebudayaan tadi biasanya membuat sebagian orang merasa dirugikan.Kebudayaan ini misalnya  adanya istilah Astre dikalangan kaum Brahmana,dimana istilah Astre digunakan pada seorang anak yang lahir duluan sebelum diupacarain.Pada masyarakat Hindu di Lombok mengenal dua macam istilah untuk untuk penyebutan anak luar kawin yaitu anak Bebinjat dan anak Astre, yang mana perbedaannya terletak pada diketahui atau tidaknya bapaknya dan masalah kasta. Terhadap kelahiran anak Astre  itu sering terjadi pengakuan dan atau pengesahan oleh orang tuanya (Bapak biologisnya), maka anak yang bersangkutan menjadi anak sah, sehingga berpengaruh terhadap kedudukan hukum anak astra tersebut dalam pewarisan.
        Istilah Astre juga digunakan bila seorang laki-laki Brahmana mempunyai istri dari golongan dibawahnya dan istrinya itu kebetulan hamil duluan maka anak dari istrinya itu tidak dapat menggunakan gelar ide bagus.Setelah istrinya itu diupacarain secara hindu maka barulah Anak selanjutnya dapat menggunakan gelar Brahmananya.Biasanya anak kedua dan seterusnya tidak lagi Astre setelah kedua orang tuanya tadi mengadakan upacara pewiwahan.Anak Astre tersebut biasanya kurang mendapat hak-haknya dibandingkan dari adik-adiknya yang tidak Astre.
        Anak Astre biasanya dikeluarga orang bali pada umumnya dan Brahmana khususnya kurang mendapat hak yang seharusnya karena menurut keluarga,Anak Astre tidak mendapat hak warisan atau hak-hak yang seperti adiknya terima,Setiap anak memiliki hak yang diatur oleh undang-undang yang mana menurut undang-undang tadi setiap anak mendapatkan perlindungan hukum sejak dalam kandungan,oleh karena itu siapapun yang melakukan suatu tindakan kekerasan kepada seoarang anak,menelantarkan,melalaikan,esploitasi,menyiksa dan sebagainya terhadap seorang anak akan berhadapan dengan tuntutan hukum.seperti yang terdapat di undang-undang dasar 1945 pasal 26B ayat 2 yaitu setiap anak berhak atas kelangsungan hidup dan berkembang serta perlindungan atas kekerasan dan deskriminasi  terhadap mereka.
        Dalam penomena kehidupan bahwa seorang anak sering disayang-sayang, dipuja-puja bagaikan dewa apalagi anak yang baru berumur lima tahun yang dihiasi dengan berbagai kelucuan dan kenakalan, justru kelucuan dan kenakalannya itu menjadi kebahagiaan bagi kedua arang tuanya. Kebahagiaan orang tua terhadap anak-anaknya tidak terbatas masa kecilnya, kebahagian orng tuanya terhadap anak-anaknya berjalan sepanjang masa dari kecil banga melihat kelucuanya setelah besar bangga melihat kesuksesnya, bahakan anak yang suputra akan dapat menghantarkan Roh oranng tuanyasamapai ke surga.                                    Kelahiran putra suputra ini merupakan tujuan ideal dari setiap perkawinan. Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa mempunyai anak, lebih-lebih lahirya putra yang suputra dambaan setiap keluarga. Setiap suami istri mengaharapakan kelahiran seornag anak dari rahimnya sendiri namun semua berhasil seperti yang didambakan.Keluarga yang memiliki anak dikarenakan hamil duluan pada umumnya merasa malu karena dia akan memiliki anak Astre,Anak astre yang dalam kebudayaan adat bali lombok biasanya tidak memiliki hak yang mana anak astre tersebut kehilangan hak-haknya sehingga statusnya seperti bukan anak kandung.
        Setiap pasangan pastinya tidak ingin memiliki seorang anak berstatus Astre sehingga tidak jarang diantara mereka ada yang menggugurkan kandungannya sehingga tidak ketahuan oleh orang tua mereka.anak Astre dikalangan kaum brahmana merupakan suatu momok yang memalukan.Anak astre yang seharusnya tidak disandang oleh seorang yang karena kesalahan orang tua mereka maka mereka yang harus menanggung hukumannya.
        Secara singkat dapat dikatakan bahwa keturunan adalah orang-orang (laki-laki dan perempuan) yang mempunyai hubungan darah antara orang yang seorang dengan orang lain yang menurunkannya, apabila keturunan itu dibatasi pengertiannya dalam arti anak maka didalam masyarakat dikenal istilah anak sah dan anak tidak sah.Anak sah adalah anak yang dilahirkan dari perkawinan yang sah tanpa penjelasan, keterangan ataupun cerita  apakah anak tersebut belum ada atau sudah ada dalam kandungan pada waktu upacara pengesahan perkawinan dari kedua orang tuanya dilakukan dan lahir anak maka anak tersebut adalah anak sah. Sedangkan anak tidak sah adalah yang dilahirkan dari orang yang tidak pernah kawin sah sehingga kedudukan hukumnya hanya pada ibu dan keluarga ibunya.Sedangkan yang menyangkut warisan anak tersebut hanya mempunyai hak waris dari ibunya saja.Anak Astra adalah anak luar kawin, dimana kasta si laki-laki yang menurunkannya lebih tinggi dari kasta ibunya. Dalam hal ini, bapak dari anak tersebut diketahui, tetapi tidak dilaksanakan perkawinan secara sah.
        Mengenai pengertian anak astra ini disebutkan bahwa Anak Astra adalah anak seorang bangsawan dengan seorang wanita biasa dari hubungan yang tidak disahkan. pengertian anak Astra adalah anak yang terlahir diketahui siapa bapaknya tetapi kedua orang tua biologisnya tersebut belum terikat dalam perkawinan yang sah, serta adanya perbedaan kasta dimana bapaknya berasal dari golongan Bangsawa  dan ibunya dari golongan sudra
        Biasanya seorang Anak Astre dalam keluarga mereka tidak dianggap sebagai ahli waris secara adat oleh karena itu Anak Astre biasanya tidak mendapat warisan dan mereka biasanya menunggu warisan yang akan dikasi oleh saudara-saudara mereka.mereka menerima berapapun bagian yang akan mereka terima danbahkan bila mereka tidak dikasi mereka tidak memerotesnya karena mereka merasa tidak berhak atas suatu warisan dari orang tua mereka.
        Menurut undang-undang setiap anak dari orang tua baik itu anak astre atau anak sah tetep mendapat hak waris dari orang tuanya karena hak itu adalah merupakan hak mereka.Undang-undang ini sangat bertentangan dengan adat yang ada dimasyarakat kita sehingga hak seorang anak Astre tersa mengambang,disuatu sisi berdasarkan undang-undang mereka memiliki hak yang sama dengan saudara-saudaranya tetapi menurut adat yang berlaku anak itu boleh mendapat warisan jika mereka dapat persetujuan dari anggota keluarga yang lain.

PERUMUSAN MASALAH
Dari uraian penjelasan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut
1. Bagaimana kedudukan hukum anak astra dalam hukum kekeluargaan di Lombok
2. Bagaimana kedudukan hukum anak astra dalam hukum waris adat Bali di Lombok
3. Bagaimana kedudukan hukum anak astra bila dilihat secara hukum indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar