Minggu, 22 September 2013

tari rudat


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG
            Lombok yang berada disebelah timur bali tidak kalah terkenalnya dengan tetangganya itu yang mana lombok yang kita kenal ini sebagai pulau pedas didalamnya terdapat suatu keindahan dan kesejukan yang jauh dari kesan pedasnya tersebut.Lombok sebagai daerah tujuan utama wisata di Indonesia tidak hanya menyediakan keindahan alam saja namun juga keindahan budayanya seperti misalnya tari-tarian.Seiring perkembangan zaman, seni budaya tari perlahan-lahan mulai ditinggalkan.Masuknya budaya-budaya baru ke era globalisasi ini membuat seni tari menjadi sesuatu yang kurang diminati dan bahkan banyak ditinggalkan karena dianggap kuno..
            Untuk melestarikan kembali kebudayaan tari di Indonesia,kita perlu mempelajari kembali jenis-jenis tari.Salah satunya yang akan kita bahas dimakalah ini,.Dalam makalah ini kita akan membahas asal-usul tari Rudat yang kita ketahui tari ini berasal dari daerah timur tengah yang sudah ada dilombok sejak abad ke 15 yaitu pada waktu penyebaran agama islam diindonesia yang mana seni tari rudat ini digunakan sebagai alat dakwah(dakwah merupakan cara penyebaran agama dalam agama islam).Apa saja alat-alat musik yang mendukung tarian itu,serta keterangan-keterangan lain yang mendukung dari Tari Rudat itu sendiri.
        Makalah ini dibuat agar orang-orang menjadi tahu bahwa di Indonesia ini terdapat suatu tarian yang berasal dari Lombok  yang sangat sayang jika tidak dipelajari dan dilestarikan.karena tari Rudat merupakan tarian tradisional yang selalu dibawakan oleh para penari kesatia jaman dahulu ketika menyambut para prajurit yang baru datang dari medan peperangan,tari Rudat sangat sakral yang selalu dihadirkan setiap ada upacara keagamaan.tetapi sekarang tari Rudatt juga sering kita lihat diberbagai acara baik di dalam Negeri maupun Luar Negeri.dan juga merupakan tarian penyambutan setiap ada acara formal/resmi atau lainnya.dimana bisa menarik perhatian para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri yang mendatangkan devisa Negara.
        Tarian Rudat bisa dipelajari oleh siapapun,dan dari kalangan manapun baik dari usia dini ataupun dewasa,karena jika mempelajari suatu tarian dengan  keinginan,hoby akan menjadi lebih mudah mempelajari sehingga menghayatinya lebih gampang.kita juga bisa melihat sekarang tarian Lombok umumnya banyak diminati oleh orang-orang luar negeri sehingga tarian Rudat yang berasal dari pulau lombok yang lebih dikenal dengan pulau pedas banyak  mempunyai nilai magic.
        Kita juga bisa mengenal bukan hanya tarian rudat karena daya segi seni tinggi tapi juga kelenturan setiap badan yang membuat gagah setiap gerak yang bisa membuat kebugaran sehingga badan menjadi sehat secara langsung seperti berolah raga, karena setiap gerakan yang dilakukan semua memerlukan tenaga ,pikiran dan kosentrasi penuh sehingga menjadikan tarian itu semakin indah dilihat dan membuat sipenarinyapun lebih merasakan penghayatan lebih dalam melakukan setiap gerakan tarian itu sendiri.
        Tarian Rudat memang semakin lama semakin indah dilihat karena tarian Rudat merupakan tarian zaman dulu yang diwariskan oleh nenek moyang untuk penerus – penerus yang akan datang untuk  meneruskan tarian ini.
        Tari Rudat termasuk dalam jenis tarian wali, yaitu suatu jenis tarian yang dipentaskan khusus untuk keperluan upacara keagamaan atu upacara yang bersifat sakral.Tarian ini dapat kita liat didaerah lain yang ada pengaruh islamnya
Tari Rudat  ini diciptakan dan bercerita tentang kegagahan prajurit kerajaan yang baru pulang dari perangi.Meski tarian ini tergolong ke dalam jenis tarian wali namun berbeda dengan tarian upacara lain yang biasanya memerlukan para penari khusus dan terlatih, siapapun bisa menarikan tari Rudat,baik yang sudah terlatih maupun yang masih awam,Pada dasarnya dalam tarian ini para penarinya hanya mengikuti perintah gerakan pemimpin penarinya yang ada di depan mereka,yang mengerti tanggung jawab dalam memberikan contoh yang baik.Tidak memerlukan pelatihan intensif.Tarian ini merupakan tarian yang dibawakan oleh sekelompok remaja putra yang masing-masing membawa bedil(senjata kompeni) yang penuh dengan atribut tentara kompeni.

1.2 PERUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang tersebut dapat Dirumuskan pemasalahan sebagi berikut
            “Apakah tari rudat itu merupakan tarian yang dianggap sakral atau hanya sebagai tari hiburan saja guna menarik wisatawan yang mana tari ini sering ditampilkan pada acara-acara formal dan bersifat umum bukan hanya  ditampilkan pada saat acara keagamaan umat islam saja”


1.3   TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.3.1        TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana sebuah tarian itu bisa dianggap sacral oleh masyarakat muslim khususnya suku sasak  yang mana tarian itu juga sering dipentaskan pada acara-acara formal yang bersifat umum

1.3.2        MANFAAT PENELITIAN
Mamfaat dilakukannya penelitian ini adalah
1.Secara akademik merupakan salah satu syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah seni tradisional semester empat jurusan filsapat pada sekolah tinggi agama hindu negeri gde pudja mataram.
2.Secara teoritis/ilmiah adalah dapat membandingkan teori-teori yang diperoleh  dibangku kuliah dengan kenyataan yang terjadi dimasyarakat tentang seni tari yang disakralkan
3.Secara prakis yaitu diharapkan hal ini dapat memberikan masukan pada semua orang tampa kecuali untuk lebih mencintai dan melestarikan sebuah peninggalan sejarah terutama seni tari yang mana seni tari tersebut banyak yang merupakan tarian sakral yang mana tarian tersebut hanya ditarikan pada waktu upacara keagamaan saja dan pada masa sekarang tarian tersebut sudah banyak yang ditarikan untuk acara umum seperti untuk menarik wisatawan.


BAB 2
PEMBAHASAN
     Lombok sebagai daerah tujuan utama wisata di Indonesia tidak hanya menyediakan keindahan alam saja namun juga keindahan budaya seperti tari-tarian. Seiring perkembangan zaman, seni budaya tari perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Masuknya budaya-budaya baru ke era globalisasi ini membuat seni tari menjadi sesuatu yang kurang diminati.
     Untuk melestarikan kembali kebudayaan tari di Indonesia, kita perlu mempelajari kembali jenis-jenis tari. Salah satunya yang akan kita bahas di makalah ini. Di makalah ini kita akan membahas asal-usul tari Rudat yang kita ketahui tari ini berasal dari daerah Timur tengah tapi juga ada dilombok.Apa saja alat-alat musik yang mendukung tarian itu, serta keterangan-keterangan lain yang mendukung dari Tari Rudat itu sendiri.
     Makalah ini dibuat agar orang-orang menjadi tahu bahwa di Indonesia ini terdapat suatu tarian yang berasal dari Lombok yang sangat sayang jika tidak dipelajari dan dilestarikan.
     Namun, saya menyadari dalam makalah ini masih banyak dijumpai kesalahan-kesalahan sehingga jauh dari sempurna.Oleh karena itu saya mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif agar makalah ini menjadi sempurna, terutama dari pihak-pihak yang lebih kompeten.
Tari Rudat adalah sebuah tari tradisional yang masih banyak terdapat di Pulau Lombok. Dibawakan oleh 13 penari yang berdandan mirip prajurit. Berbaju lengan panjang warna kuning, celana sebatas lutut warna biru, berkopiah panjang mirip Aladin warna merah yang dililit kain warna putih atau biasa disebut tarbus. Mereka dipimpin oleh seorang komandan yang mengenakan kopiah mirip mahkota, lengkap dengan pedang di tangan.Biasanya tarian ini dibawakan pada saat upacara khitanan, katam Al Quran, Maulid Nabi peringatan Isra Mi’raj, dan peringatan hari-hari besar Islam lainnya.
Tari Rudat ditarikan sambil menyanyi dengan lagu yang melodi dan iramanya seperti lagu melayu. Syairnya ada yang berbahasa Arab dan ada pula yang berbahasa Indonesia. Tari Rudat diiringi sejumlah alat musik rebana yang terdiri dari jidur, rebana, dap, mandolin dan biola. Gerak tarian rudat merupakan  gerak seni bela diri pencak silat yang menggambarkan sikap waspada dan siap siaga prajurit Islam tempo dulu.
Itulah sebabnya, mereka banyak menggunakan gerakan tangan dan kaki. Kadang tangan diayun kiri kanan, kadang mirip gelombang, tapi di saat lain mereka melakukan gerakan memukul dan menendang.Sesungguhnya asal-usul kesenian rudat sampai saat ini masih belum begitu jelas. Sebagian berpendapat, bahwa kesenian rudat ini merupakan perkembangan dari zikir zaman dan burdah, yaitu zikir yang disertai gerakan pencak silat. Burdah adalah nyanyian yang diiringi seperangkat rebana ukuran besar.
Pendapat lain mengatakan, konon tari ini berasal dari Turki yang masuk bersama penyebaran agama Islam di Indonesia pada abad XV. Itulah sebabnya, tarian ini kentara sekali warna Islamnya, terutama dalam lagu dan musiknya. Di Lombok Timur dapat kita jumpai dan saksikan hampir di semua Kecamatan.
Menurut H Hassanul Basri (42), salah satu tokoh penggerak rudat di Labuhan Haji, pertunjukan rudat terdiri dari tiga bagian. Yakni,
a. Pembukaan ucapan tabik (hormat/permisi), yang di antaranya berbunyi:
Tabik tuan-tuan, tabik nona-nona, mulailah bermain di hadapan tuan-tuan melihat keramaian...
b. Bersalawat (puji-pujian kepada nabi), petikannya:
E...Allah hibismillah  
Loh... Allah ya Allah  
Ya... Allah hu...
c. Penutup (permintaan maaf kalau ada salah laku dan ucap selama menari).
Masih menurut Basri, rudat secara terminologi berasal dari kata raudah, yaitu taman nabi yang terletak di masjid Nabawi, Madinnah.Mami Satriah (40), tokoh rudat lainnya di Lombok Timur menambahkan, rudat itu merupakan gabungan antara burdah dan saman. Burdah, adalah syair yang diiringi rebana, sedang saman adalah gerakan-gerakan yang diiringi zikir tanpa musik.Zikir saman, menurut Mami memiliki tahapan. Tahapan pertama, biasanya menceritakan masalah haji. Tahap kedua, melakukan gerakan mirip askar (tentara). Gerakan ketiga, ujngkapan kegembiraan. Dalam rudat, imbuh Mami, biasanya yang dipakai adalah tahapan kedua.

TATA BUSANA TARI PENDET                                                                                         Pementasan tari Pendet memerlukan beberapa macam perlengkapan busana dan juga properti. Adapun macam-macam perlengkapan busana dan properti tari Pendet adalah :
  • Topi kopiah
  • Baju seragam kompedi
  • bedil
  • Serta asusoris pendukungb lainnya
Tari rudat mempunyai peran sebagai tari Wali dan bentuk tarian ini adalah tari berkelompok.Biasanya Tari Rudatt dibawakan secara berkelompok atau berpasangan oleh para putra, dan lebih dinamis dari tari Gendang beleq

BAB 3
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Berdasarkan hasil kesimpulan diatas maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut;
Seni tari khususnya tari rudat merupakan seni tari yang selalu dipentaskan oleh umat muslim pada hari-hari tertentu saja dan kina seiring dengan perkembangan jaman senitari rudat kini sudah digunakan untuk even budaya yang bisa menarik wisatawan asing,meskipun seni tari rudat sering dipentaska pada acara-acara formal,tari ini tetep merupakan salah saatu seni tari sakral bila seni tari ini dipentaskan pada acara keagamaan dan bila seni tari ini dipentaskan pada even yang bersifst formal maka seni tari ini merupakan seni pertunjukan yang bersifat menghibur.
                                   .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar